Pemanfaatan Rumah Produksi Ikan Asap Sebagai Sumber Belajar Berbasis Masyarakat di Sanggar Bimbingan Jalan Kebun Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.35719/dc49b960Keywords:
learning resources , communityAbstract
Minimnya ketersediaan sumber belajar di sanggar bimbingan jalan kebun menjadi masalah tersendiri dalam proses pembelajaran dimana para siswa mendapatkan pengetahuan hanya berdasarkan pada apa yang disampaikan oleh guru. Untuk itu, salah satu opsi sulusi permasalahan tersebut dengan melibatkan masyarakat sebagai sumber belajar yang dapat menyajikan pengetahuan secara konkrit kepada siswa. Sumber belajar masyarakat merupakan proses mengintegrasikan unsur lingkungan masyarakat sebagai sarana pengetahuan guna mencapai tujuan pembelajaran. Fokus penelitian ini ialah untuk menganalisis pemanfaatan rumah produksi ikan asap yang berlokasi di Kg. Lombong 42450, Shah Alam, Selangor Malaysia sebagai sumber belajar materi tahap produksi dalam kegiatan ekonomi bagi siswa kelas 3 sanggar bimbingan jalan kebun. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Adapun proses pemanfaatan rumah produksi ikan asap sebagai sumber belajar melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pengadaan/pendistribusian, dan pemanfaatan.