Konseling dengan Teknik Konfrontasi dan Psikoedukasi untuk Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat pada Penderita Skizofrenia Residual

Authors

  • Novy Fitria Program Studi Psikologi Profesi (S2)
  • Tatik Meiyuntariningsih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35719/altatwir.v7i1.14

Keywords:

Konseling, Konfrontasi, Psikoedukasi, Skizofrenia Residual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan intervensi kepada penderita skizofrenia. Subyek penelitian berinisial Y, berjenis kelamin perempuan, berumur 46 tahun, dan belum menikah dengan pendidikan terakhir S1. Subyek didiagnosa mengalami gangguan skizofrenia residual. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes psikologi dan dokumentasi berupa rekam medik dari RSJ tempat subyek dirawat. Intervensi yang diberikan adalah konseling dengan teknik konfrontasi dan psikoedukasi kepada keluarga subyek yang dilakukan sebanyak 4x sesi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konseling dengan teknik konfrontasi dan psikoedukasi efektif digunakan sebagai media untuk meningkatkan kepatuhan minum obat.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Konseling dengan Teknik Konfrontasi dan Psikoedukasi untuk Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat pada Penderita Skizofrenia Residual. (2020). Jurnal Al-Tatwir, 7(1), 65-76. https://doi.org/10.35719/altatwir.v7i1.14

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>